Orang Samaria; Dibenci Tapi Penuh Kasih


KABAR BAIK - Menurut orang Yahudi, tetangga yang paling dibenci adalah orang Samaria. Orang-orang Yahudi mengajarkan itu kepada anak dan cucu secara turun temurun. Umat Allah sudah membenci tetangganya, demikian juga Allah. Menurut orang Yahudi, Allah turut membenci orang-orang Samaria.

Saking bencinya kepada orang Samaria, tanah orang Samaria haram untuk diinjak. Demikian juga orang Samaria haram hukumnya untuk menginjakkan kaki di tanah orang Yahudi. Bilamana orang Yahudi Galilea hendak pergi ke Yudea, mereka tidak boleh dan tidak akan melewati wilayah Samaria. Orang-orang Galilea dan orang Yudea akan lewat sekitar sungai Yordan untuk saling mengisi keperluan. 

baca juga: Lebih Baik Bersahabat Daripada Saling Berperang

Ada banyak orang di jaman kita ini menganggap bahwa orang-orang yang dibenci pasti buruk. Secara tidak langsung kita juga terpapar oleh ajaran kebencian yang sudah populer itu. Padahal, menurut Yesus, membenci apapun alasannya adalah dusta. Membenci berarti kegelapan dan di dalamnya tidak punya kasih, menurut Yohanes.

Kenyataannya, Tuhan Yesus sendiri menceritakan kisah kebaikan orang Samaria. Ketika ada orang yang disiksa oleh penyamun, imam Yahudi tidak menolong. Demikian orang Yahudi lainnya. Justru orang Samaria yang bermurah hati tergerak hatinya menolong. 

Dengan demikian, kebencian ternyata tidak membuat orang yang kita benci menjadi jelek. Ternyata, mereka orang baik. Kiranya kita dapat mawas dan memeriksa diri-sendiri.

Orang Samaria; Dibenci Tapi Penuh Kasih Orang Samaria; Dibenci Tapi Penuh Kasih Reviewed by Kabar Baik on 1:07:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.