Kisah tobat Zakheus setelah bertemu Yesus


KABAR BAIK - Kedatangan Yesus memang bikin orang bisa berubah. Yang tadinya tekun memeras orang, kemudian berubah menjadi suka memberi. Yang tadinya diam kemudian berkata-kata. Tadinya lumpuh kemudian melompat-lompat kegirangan.

Itulah yang kira-kira dialami Zakheus – seorang yang kita tahu dijauhi bangsanya. Zakheus tidak hanya dijauhi tapi juga dibenci. Orang seperti ini diperlakukan sebagai penghianat karena bekerja untuk pemerintah Romawi. 

Setelah didatangi Yesus, ada respon kuat yang nunjukin kalau Zakheus bertobat dan tidak lagi menempuh jalan yang dibenci:

#1 Memberi Tumpangan
Pemungut cukai biasanya pelit. Termasuk pelit tumpangan. Bisa jadi rumahnya yang besar itu selalu tertutup agar pencuri dan orang baik-baik nggak bisa masuk. Tapi kali ini Zakheus memberi tumpangan Yesus untuk menginap di rumahnya.

Baca jugaTips Bikin Situasi Pulang Kerja Jadi Asyik


#2 Memberi Makan
Jamuan yang diberikan Zakheus nggak sembarangan. Ia asak untuk Yesus dan murid-murid. Semuanya bisa makan sampai kenyang. Ini bisa kita tiru bila kita ingin berbuat baik: memberi makan orang lain.

#3 Sebagian Harta Dibagikan
Setelah menjamu dan memberi tumpangan, Zakheus membagikan separuh hartanya untuk orang miskin. Setengah dari yang dimiliki dibagikan kepada publik yang membutuhkan. Jadi, orang yang bertobat itu merasa Yesus segala-alanya dan harta milik bukan lagi yang paling berharga.

#4 Hasil Rampasan Dikembalikan
Mengambil hak orang lain juga termasuk merampas. Rupanya orang yang bertobat itu menyadari kalau ia telah mencederai hak orang lain dan berusaha menebus berkali-kali.

Kiranya ciri bertobat ini semakin menjadi teladan kita jelang hari Tuhan yang mendekat.

Penulis : Yohanes Dian Alpasa
Kisah tobat Zakheus setelah bertemu Yesus Kisah tobat Zakheus setelah bertemu Yesus Reviewed by Kabar Baik on 11:54:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.