Suku Lewi Ternyata Dipersiapkan Untuk Jadi Pemimpin



KABAR BAIK - Suatu kali Allah berfirman kepada Musa agar menghitung orang Israel. Semuanya dihitung yakni setiap orang dewasa yang siap untuk berperang. Karena disiapkan untuk tempur, maka anak-anak tidak ikut dihitung.

Jumlah yang didapat Musa waktu itu adalah sekitar 600 ribuan orang. Jumlah yang cukup banyak untuk orang-orang yang mengungsi. Bahkan jumlahnya lebih banyak dari pengungsi Suriah yang ada di daratan Eropa saat ini.

Semuanya sudah dihitung lengkap. Pemuda dan dewasa disiagakan untuk berperang. Tetapi ada satu suku yang ikut keluar dari Mesir tetapi tidak ikut dihitung oleh Musa sebagai personil perang, yakni suku Lewi. Mengapa?

Lewi disiapkan Tuhan untuk menjadi pemimpin spiritual bangsa Israel. Mereka tidak memiliki kewajiban militer. Bahkan Yosua mencatat orang-orang Lewi tidak memiliki tanah pusaka. Pusakanya adalah Tuhan Allah sendiri. 

Baca jugaTahukah Kamu Kalau di Kitab Ester Tidak Ada Kata "Tuhan"?

Peran istimewa suku Lewi adalah mempersembahkan korban bakaran. Persembahan kepada Tuhan selalu melalui suku Lewi. Relasi kepada Tuhan dijaga ketat melalui ritual yang dipimpin oleh suku Lewi.

Itulah mengapa Allah tidak memasukkan suku Lewi ke dalam barisan perang. Ia tidak ingin imam-Nya terancam oleh senjata dan kebinasaan. Dengan kata lain, Allah selalu melindungi orang-orang yang dipilih-Nya menjadi imam dan pelayan Tuhan.
Suku Lewi Ternyata Dipersiapkan Untuk Jadi Pemimpin Suku Lewi Ternyata Dipersiapkan Untuk Jadi Pemimpin Reviewed by Unknown on 9:00:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.