Arti Kata Shalom, Peace, dan Salam Damai Sejahtera Ternyata Punya Keunikan



KABAR BAIK - Saling ucap salam memang jadi budaya kita orang-orang timur. bahkan, formulasinya ditambah lagi biar makin keren jadi tegur, salam, sapa. Ketiganya dipakai untuk nunjukkin kalau kita adalah manusia yang ramah dan beradab.

Kali ini kita mau lihat sebenarnya padanan kata Shalom itu seperti apa dalam budaya kita? Apakah Shalom itu sama dengan Salam Damai Sejahtera yang sering kita ucapkan di gereja dan kalau kumpul di tengah masyarakat? 

Berikut catatan penting bagi kita biar nggak terlalu kaku bilang salam kalau pas ketemu dengan saudara-saudara kita di gereja. Kiranya ini juga menjawab pertanyaan apakah di gereja ada salam khusus yang dipakai oleh pengikut Tuhan Yesus.

Baca jugaFakta Tentang Arti Cawan yang Perlu Orang Kristen Ketahui

Pertama, kata Shalom. Surat-surat Paulus tidak dimulai dengan kata Shallom. Rasul Paulus selalu bilang ia adalah Rasul yang diutus Tuhan untuk menyampaikan kabar baik. Lalu dia menyapa gereja-gereja yang terima surat dan langsung saja bicara pokok Injil yang diberitakan. Kitab-kitab Injil juga begitu. Keempat Injil mengisahkan Yesus mengucapkan Shallom hanya setelah disalib dan menampakkan diri pada murid-murid. Ia mengharapkan damai sejahtera selalu ada pada murid.

Usut punya usut ternyata kata Shallom berasal dari bahasa Ibrani – bahasa yang dipakai oleh orang-orang Israel kuno dan turun kepada orang-orang Yahudi di jaman Yesus. Gereja secara khusus tidak punya istilah salam yang khas maka menyadur kata shalom dalam setiap pembukaan liturgi ibadah.

Kedua, kata peace. Istilah dalam bahasa Inggris ini seringkali diterjemahkan dengan damai. Tapi penggunaannya jelas berbeda. Orang cukup menunjukkan dua jari (telunjuk dan jari tengah) sementara jari lain mengatup dan mengucap Peace. Itu sebagai tanda melontarkan perdamaian. Kata damai dalam bahasa Indonesia harus disertai tanda kedua tangan mengapu rancang (dua belah tangan mengatup di dada) sebagai tanda mengakhiri pertikaian. 

Ketiga, kata damai sejahtera. Damai sejahtera dipakai untuk menyampaikan salam kepada khalayak tanpa membedakan latar suku, agama, dan golongan. Salam damai sejahtera lebih banyak dipakai untuk membuka acara-acara umum dan bermaksud memastikan keberadaan damai sejahtera di hati para hadirin. 

Jenis salam yang dipakai punya latar tempatnya sendiri-sendiri. Semoga kita bisa menyampaikan istilah salam sesuai kondisi dan situasi ya.
Arti Kata Shalom, Peace, dan Salam Damai Sejahtera Ternyata Punya Keunikan Arti Kata Shalom, Peace, dan Salam Damai Sejahtera Ternyata Punya Keunikan Reviewed by Unknown on 9:18:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.